Sabtu, 23 Januari 2016

Pengurus Pusat ATPUSI ¬†bekerjasama dengan Klub Cinta Buku Perpustakaan Insan Cendekia Serpong menyelenggarakan workshop dengan tema “Membedah persoalan literasi di sekolah dan strategi mengembangkan kemampuan membaca”. Narasumber adalah Ibu Sofie Dewayani, Ph.D seorang penulis buku anak, peneliti sastra anak, Ketua Litara Foundation dan Dosen ITB.

Peserta workshop adalah tenaga perpustakaan sekolah dan guru dari berbagai jenjang pendidikan, berjumlah 80 orang yang berasal dari Jabodetabek. Peserta yang ingin mendaftar cukup banyak, namun karena keterbatasan tempat, panitia membatasi hanya 80 orang.

Diharapkan dari workshop ini peserta memahami apa saja permasalahan atau problematika literasi di sekolah, bagaimana problematika itu dibedah dan dibahas bersama agar dapat dicarikan langkah-langkah solusinya. Bagaimana kehadiran gadget di tengah kehidupan siswa bila dilihat dari sudut pandang pengembangan literasi. Bagaimana peningkatan literasi itu penting untuk pendidikan anak di jenjang pendidikan berikutnya. Bagaimana menerapkan literasi dan kemampuan membaca serta perannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dan seterusnya.

Apa saja program yang mesti dirancang agar kemampuan membaca siswa di sekolah meningkat, merupakan kegiatan peserta dalam workshop ini. Lalu bagaimana merancang aksi tindaklanjut setelah workshop ini.

Demikian beberapa informasi penting seputar penyelenggaraan workshop yang akan berlangsung  Sabtu, 23 Januari 2016 di Kampus MAN Insan Cendekia Serpong, Tangerang Selatan.