Sambutan Dr. Diljit Singh, Presiden IASL (International Asscocitaion of School Librarianship) 

 

1 Oktober menandai awal Bulan Perpustakaan Sekolah Internasional (International School Library Month atau ISLM). Awalnya, Presiden IASL terdahulu, Blanche Wools mencanangkan Hari Perpustakaan Sekolah Internasional pada tahun 1999, lalu pada tahun 2008 berubah menjadi Bulan Perpustakaan Sekolah Internasional untuk memberikan keleluasaan bagi sekolah-sekolah di seluruh dunia untuk memilih waktu tertentu yang sesuai dengan situasi dan kondisi di sekolahnya masing-masing. Dalam bulan ini, sekolah-sekolah di seluruh dunia dapat memilih satu hari, satu minggu atau sebulan penuh untuk menunjukkan dan mengadvokasi pentingnya perpustakaan sekolah.

Kita semua tahu bahwa perpustakaan sekolah itu penting, tapi kita tidak bisa menganggap bahwa semua orang mengetahui hal itu. Untuk mengembangkan perpustakaan sekolah, kita memerlukan dukungan dari banyak pihak – murid, guru, kepala sekolah, orang tua, Pemerintah, pembuat keputusan, penerbit, para ahli teknologi dan lain-lain. Kita tidak dapat beranggapan bahwa ada perpustakaan sekolah dalam daftar prioritas mereka. ILSM merupakan waktu yang tepat untuk berkoordinasi dan meng-orkestrasikan upaya untuk mendapatkan dukungan bagi perpustakaan sekolah. Kita perlu memastikan agar pesan tersampaikan sehingga saat kebijakan dan alokasi sumber daya diputuskan, perpustakaan mendapatkan bagian sesuai haknya. Untuk mendapat dukungan dimulai dengan membangun kesadaran dan waktu paling tepat untuk membangun kesadaran ini adalah pada ISLM ini.

Tema Perpustakaan Sekolah Internasional tahun 2015 adalah The School Library Rocks. Anda dapat menginterpretasikannya dalam berbagai cara, sesuai dengan kegiatan, audiens, sumber yang tersedia, dan lain-lainnya tapi saya berharap bahwa setiap sekolah akan menggunakan kesempatan ini untuk menyoroti pentingnya peran perpustakaan sekolah. Marie O’Brien dan timnya telah menyajikan sejumlah alternatif kegiatan dan sumber-sumber yang dapat digunakan di situs web IASL disini  (terima kasih Marie dan seluruh tim). Tersedia juga laporan proyek tahun-tahun sebelumnya yang dapat anda contoh atau adaptasi. Silahkan untuk menambahkan hal lainnya. Saya berharap seluruh anggota IASL melakukan sesuatu, kecil ataupun besar, untuk perpustakaan sekolah dalam bulan ini.

Saat anda menjalankan proyek dan kegiatan untuk ISLM, beritahu kami apa yang anda kerjakan. Kirimkan laporan, jika memungkinkan disertai dengan gambar, ke Sekretariat IASL di iasl@mlahq.org dengan subyek: ISLM Activities.

Selamat, semoga sukses sebulan ke depan ini.

Diljit Sigh,
Presiden IASL