Jakarta, 16 Mei 2023 – ATPUSI (Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia) dengan bangga mengucapkan selamat merayakan Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2023 besok, kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama para pengelola perpustakaan sekolah di tanah air. Pada kesempatan ini, ATPUSI ingin mengajak semua pihak untuk merayakan dan mempromosikan pentingnya budaya literasi melalui beberapa cara ala ATPUSI.

 

Dalam rangka merayakan Hari Buku Nasional, ATPUSI mengajak masyarakat untuk melakukan beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca dan menghargai buku. Berikut adalah cara merayakan Hari Buku ala ATPUSI:

  1. Mendonasikan Buku Bekas yang Layak Baca: Manfaatkan momen ini untuk membersihkan rak buku dan menyumbangkan buku bekas yang masih dalam kondisi layak baca kepada pihak yang membutuhkan. Dengan berbagi buku, kita dapat memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menikmati manfaat dari membaca.
  2. Mengunjungi Perpustakaan: Jelajahi dunia perpustakaan dengan mengunjungi berbagai jenis perpustakaan, mulai dari perpustakaan di sekolah, kampus, desa, daerah, hingga Perpustakaan Nasional. Nikmati atmosfer perpustakaan, jelajahi koleksi buku, dan manfaatkan fasilitas yang disediakan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan.
  3. Meresensi Buku yang Telah Dibaca: Setelah menyelesaikan membaca buku, luangkan waktu untuk menulis resensi atau ulasan singkat tentang buku tersebut. Berbagi pengalaman membaca melalui ulasan dapat membantu orang lain dalam memilih buku yang ingin mereka baca dan memberikan apresiasi kepada penulis.
  4. Membuka Ruang Diskusi Mengenai Pentingnya Buku: Ajak teman, keluarga, atau komunitas untuk membuka ruang diskusi mengenai buku. Diskusikan tema, pesan, dan kesan yang diambil dari buku yang telah dibaca. Diskusi ini dapat memperkaya pemahaman dan sudut pandang tentang karya sastra serta mendorong budaya literasi di sekitar kita.
  5. Kampanye Budaya Baca Melalui Media Sosial: Manfaatkan media sosial untuk mengkampanyekan budaya baca. Bagikan kutipan inspiratif dari buku, rekomendasi buku, atau pengalaman pribadi tentang kegiatan membaca. Dengan menyebarkan pesan literasi melalui platform digital, kita dapat menginspirasi orang lain untuk membaca dan mengapresiasi buku.

 

ATPUSI berharap melalui kegiatan-kegiatan ini, kita dapat meningkatkan minat baca dan menguatkan budaya literasi di Indonesia. Selain merayakan Hari Buku Nasional, kita juga turut mendorong pengelola perpustakaan sekolah untuk terus berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan dan membantu para generasi muda dalam mengembangkan pengetahuan dan kreativitas mereka melalui akses yang lebih luas terhadap buku dan perpustakaan.

 

Pada peringatan Hari Buku Nasional ini, ATPUSI mengajak seluruh masyarakat, khususnya para pengelola perpustakaan sekolah, untuk bersama-sama membangun budaya literasi yang kuat dan berkelanjutan. Dengan membaca, kita dapat membuka pintu menuju pengetahuan, imajinasi, dan pemahaman yang lebih luas.

 

Selamat Hari Buku Nasional! Mari terus merayakan kekuatan dan keindahan buku, serta menjadikan literasi sebagai pondasi bagi kemajuan bangsa. ATPUSI berkomitmen untuk terus mendukung dan memperjuangkan peran perpustakaan sekolah dalam membentuk generasi yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ATPUSI dan literasi, dapat menghubungi kontak berikut:

 

  • Website: www.atpusi.or.id
  • Instagram: @ppatpusi

 

Mari kita rayakan Hari Buku Nasional dengan semangat membaca dan menjaga warisan intelektual bangsa!