Gelaran KNPS (Kenduri Nasional Perpustakaan Sekolah) 2019 yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (PP ATPUSI) berjalan sukses dan lancar. Acara yang diadakan selama 3 hari mulai tanggal 24 – 26 Oktober ini dilangsungkan di MAN 2 Kota Malang Jawa Timur. Dihadiri lebih kurang 100 peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Lampung, Bekasi, Bogor, Jakarta, Tangerang, Purworejo, Wonosobo, Yogyakarta, Solo, Madiun, Kalimatan Timur, Kota Batu, Malang, Gresik, Surabaya, dan sebagainya.

Kegiatan KNPS 2019 yang berlangsung selama 3 hari ini diisi dengan beragam kegiatan. Hari pertama diisi dengan kegiatan Rakerpus (Rapat Kerja Pusat) yang diikuti oleh Pengurus Pusat dan Pengurus Daerah ATPUSI. Pada hari kedua kegiatan yang dilaksanakan lebih beragam, yaitu adanya presentasi Call for Paper (Makalah dan Poster), serta berbagai macam workshop yang dilaksanakan selama sehari penuh mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Sesi Rakerpus

Sesi Workshop

Pada hari terahir, yaitu hari ketiga dilaksanakan seminar nasional perpustakaan sekolah yang mengusung tema “Membangun Ekosistem Perpustakaan Sekolah Yang Berliterasi” dengan menghadirkan 3 narasumber utama, yaitu DR. Rahma Sugihartati, M.Si. (Dosen Ilmu Perpustakaan dan Infromasi UNIAR), Drs. Darmono M.Si. (Penulis Buku dan Pegiat Literasi Sekolah), dan Muh. Ihsanuddin, M.Hum. (Ketua Umum ATPUSI).

Sesi Seminar Nasional

Kegiatan Kenduri Nasional Perpustakaan Sekolah (KNPS) 2019 ini juga mendapatkan dukungan dari bebagai pihak, di antaranya adalah Penerbit Erlangga, Penerbit Noura Book – Mizan, dan juga dari Yayasan Arsari Djojohadikusumo.

Berikut ini adalah materi kegiatan dan dokumentasi dari KNPS 2019. Silahkan diunduh dengan cara klik pada tautan berikut ini :

  • MATERI KNPS 2019
  • DOKUMENTASI KNPS 2019

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada event KPSI (Konverensi Perpustakaan Sekolah Indonesia) tahun depan. Kira-kira ada yang ingin usul baiknya KPSI diadakan di mana?