Sambutan

Ketua Umum PP ATPUSI

 

Salam ATPUSI!

Assalamu’alaikum wr.wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

 

Rekan-Rekan Pengurus ATPUSI dari seluruh Indonesia.

Alhamdulillah, tidak terasa, selama 4 tahun lebih, kami Pengurus Pusat PP ATPUSI Periode 2009-2013 telah sampai di akhir periode kepengurusan. Banyak lika-liku dan tantangan yang dihadapi selama kepengurusan ini.Dari pertama kepengurusan terbentuk, total jumlah pengurus pusat adalah 11 orang. Namun dalam perjalanannya, hanya 6 orang yang bisa bertahan hingga akhir kepengurusan, selebihnya tidak aktif atau mengundurkan diri dengan alasan beragam, seperti sudah tidak bekerja sebagai pustakawan/tenaga perpustakaan sekolah, pindah tempat tinggal, tidak/sulit diizinkan oleh sekolah atau pekerjaan di sekolah yang tidak dapat ditinggalkan. Sekali lagi, itu di antara sekelumit dinamika atau tantangan yang terjadi selama kepengurusan.

 

Banyak kekurangan tentunya selama kepengurusan perdana ini, namun terdapat juga beberapa prestasi yang patut kita banggakan bersama, seperti terbentuknya kepengurusan di 33 provinsi, 200-an Kabupaten/Kota, terselenggaranya rapat kerja nasional (rakernas) di Insan Cendekia Serpong, di Yogyakarta dan di Makassar, serta terlaksananya Konferensi Internasional Perpustakaan Sekolah (IASL Conference) di Bali dengan lancar dan sukses, dihadiri sekitar 350 orang dari 35 negara di dunia.

 

Kita patut pula bersyukur, dari 4 asosiasi yang dibentuk Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2009 hanya ATPUSI yang paling eksis dan bisa menyelenggarakan berbagai kegiatan termasuk konferensi internasional, sementara asosiasi lain, seperti Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI), Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) dan Asosiasi Tenaga Administrasi Sekolah (ATAS) hingga saat ini tidak begitu aktif, tidak terdengar kegiatannya.

 

Sekali lagi, kita semua sebagai pengurus dan anggota ATPUSI patut bangga dan berbesar hati (optimis) menyongsong masa depan asosiasi kita. Apa yang sudah kita raih selama ini terus kita pertahankan dan tingkatkan, dan apa yang belum kita raih kita upayakan dengan sungguh-sungguh untuk meraihnya. Tentu semua itu dengan kerja keras dan pengorbanan dari masing-masing kita, baik pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, materi, dan sebagainya.

 

Kita, Pengurus Pusat juga sudah membangun hubungan yang baik dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaanbeserta unit-unit yang ada didalamnya, Perpustakaan Nasional juga dengan unit-unit yang ada di dalamnya, LPMP, P4TK, Dinas-Dinas Pendidikan di daerah, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, dan lembaga-lembaga penting terkait di tingkat nasional, regional (asean), dan Internasional (IASL dan IFLA). Mereka semua sudah mengenal dengan baik asosiasi kita, dan siap selalu bekerjasama dengan kita.Ini sungguh suatu modal penting untuk membesarkan organisasi kita. Kami berharap hubungan ini terus dibina dan ditingkatkan oleh pengurus pusat yang akan datang.

Akhirnya, selamat mengikuti kongres, ATPUSI terus jaya!

Salam.

Bogor, 4 Juni 2014

Ketua Umum PP ATPUSI,

Muhamad Ihsanudin, M.Hum