Pada tanggal 27 sd 29 Mei 2009 Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK Depdiknas, bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI melaksanakan kegiatan Konvensi dan Seminar Nasional Tenaga Perpustakaan Sekolah. Kegiatan ini akan diikuti oleh 137 orang, yang terdiri dari perwakilan tenaga perpustakaan sekolah dari masing-masing propinsi, Ikatan Perpustakaan Indonesia (IPI), , serta peserta tamu dari International Federation of Library Association (IFLA) dan International Association of School Librarianship (IASL). Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dengan mengambil lokasi di Hotel Millenium Jakarta, Perpustakaan Sekolah Santa Ursula, dan Perpustakaan Nasional.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan : (1) untuk meningkatkan pengetahuan tentang standar kualifikasi dan kompetensi tenaga perpustakaan sekolah yang tertuang dalam Permendiknas No. 25 tahun 2009; (2) sebagai forumdiseminasi informasi tentang Undang-Undang Perpustakaan, arah pengembangan perpustakaan nasional; (3) benchmarkingkualifikasi, kompetensi, sistem pembinaan dan pemberdayaan tenaga perpustakaan sekolah di negara lain, seperti Hongkong, Malaysia, dan Singapura; dan (4) deklarasi lahirnya Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) dengan harapan akan dapat menjadi wadah pengembangan profesi para tenaga perpustakaan sekolah di Indonesia.


Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 27 Mei 2009 dengan agenda utama yaitu pembentukan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI). Adapun kegiatan yang berlangsung pada tanggal 28-29 Mei dengan agenda utama Seminar Nasional. Dalam seminar ini, pembicara tamu yang akan menyampaikan makalahnya adalah praktisi perpustakaan dari Hongkong, Malaysia, serta Singapura. Para pembicara ini akan membahas best practices mengenai peningkatan dan pengembangan kualifikasi, kompetensi, dan layanan tenaga perpustakaan di negara masing-masing.
Pada bagian akhir kegiatan, peserta akan diajak untuk mengadakan kunjungan lapangan ke perpustakaan sekolah Santa Ursula dan Perpustakaan Nasional RI. Kunjungan ini ditujukan untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta mengenai penataan, pelayanan, dan pengembangan perpustakaan.