Sebagai perayaan ulang tahun ke 2 ATPUSI, Pengurus Pusat ATPUSI menyelenggarakan Workshop Perpustakaan Digital Berbasis SLIMS yang diadakan di MAN Insan Cendekia Jl. Cedekia 1 Bumi Serpong Damai Sektor XI, Tangerang Banten pada tanggal 26 dan 27 Mei 2011. Peserta yang hadir adalah Pengurus ATPUSI tingkat Propinsi berjumlah 32 orang berasal dari 13 propinsi.

Dalam dua hari ini semua pengurus diberi informasi mengenai Perpustakaan Digital kemudian semua peserta belajar dari mulai menginstall SLims hingga mencoba memasuk kan data koleksi perpustakaan kedalamnya. Acara ini dipandu oleh masternya Slims Bpk Ridho Rasyid.

Sebagai kelanjutan dari perayaan ulang tahun ke 2 ini di selenggarakan Seminar
Nasional dengan judul ” Sertifikasi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Sekolah Kedinasan” pada tanggal 28 Mei 2011 bertempat di AUla MAN Insan Cendekia.
ATPUSI menggagas Seminar ini merespon masalah sertifikasi tenaga perpustakaan sekolah yang sedang hangat dibicarakan dan diharapkan segera diimplementasikan di lapangan.

Ada 7 Narasumber yang diundang yakni Dra Arifiah Bintarti, M.Si ( Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan UT); Ibu Dr Yooke Tjuparmah S. Komaruddin (Ketua Program Perpustakaan Sekolah UPI Bandung); Dr.Wastandar (Staf Direktur Tenaga Kependidikan, Direktorat Pendidikan Menengah Kemendiknas RI); Drs Bambang SUpriyo Utomo M.Lib (Deputi Bidang Sumber Daya Perpustakaan – PNRI) bersama Ibu Titiek Kismiyati;  Bpk Syamsurizal dari Kedeputian Bidang SDM Aparatur- Kemenpan dan  M.Ihsanudin (ATPUSI),  dari pemaparan ke 7 narasumber tampaknya tenaga perpustakaan sekolah masih harus bersabar karena di lapangan ternyata koordinasi antar intansi belum rapih. Usaha ATPUSI sebagai Asosiasi harus tetap dilakukan untuk menyandingankan antara Kemendiknas,
PNRI, MENPAN dan pihak universitas (sekolah Perpustakaan) untuk mencari solusi.