Masih dalam rangka persiapan pelaksanaan konferensi IASL 2013, PP ATPUSI menyelenggarakan pelatihan penulisan dan presentasi makalah untuk tenaga perpustakaan sekolah. Acara ini terselenggara berkat dukungan dari Perpustakaan Nasional RI. Latar belakang yang mendasari penyelenggaraan acara ini adalah karena ATPUSI memandang perlu persiapan bagi tenaga perpustakaan sekolah Indonesia untuk dapat menulis dan mempresentasikan pemikirannya dalam sebuah forum ilmiah seperti konferensi atau seminar. Dari acara ini diharapkan ada calon presenter yang dapat menyampaikan pemikirannya di acara konferensi mendatang.

 

Acara ini terbuka bagi tenaga perpustakaan sekolah, guru atau mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Peserta yang mendaftar diharuskan untuk mengirimkan contoh tulisannya untuk dapat dipilih sebagai peserta. Selain itu peserta diharuskan dapat berbahasi Inggris. Peserta memang dibatasi maksimal 20 orang mengingat keterbatasan tempat dan untuk efektivitas pelatihan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fasilitator pelatihan ini adalah Dr. Diljit Singh, President IASL. Penyampaian materi diberikan dalam bahasa Inggris. Dari 17 peserta yang mendaftar ternyata hanya 15 yang dapat mengikuti pelatihan, terdiri dari 12 tenaga perpustakaan sekolah dan 3 orang mahasiswa. Pelatihan berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 15.00 di Ruang Audio visual Pusdiklat PNRI, Jl. Merdeka Selatan pada tanggal 15 Oktober 2012. Untuk pelatihan ini peserta dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 sebagai pengganti biaya konsumsi.